Jadikan Ponsel Sebagai Asisten Saat Mudik

Selasa, 21 Juli 2015 - 09:07 WIB
Jadikan Ponsel Sebagai...
Jadikan Ponsel Sebagai Asisten Saat Mudik
A A A
Ponsel Anda memiliki banyak fitur tersembunyi yang seringnya tidak dimaksimalkan atau bahkan tidak diketahui. Padahal, ponsel bisa jadi “asisten” mudik yang sangat berguna. Apa saja?

-Cari Resto dengan Ucapan Teknologi pencarian Google terbaru memungkinkan Anda mencari dengan suara (tanpa mengetik), sehingga kedua tangan tetap ada di setir. Caranya? Pengguna Android cari ikon “g” atau Google search bar di home screen. Sedangkan pengguna Apple unduh aplikasi Google App. Kemudian, Sentuh mikrofon dan aktifkan voice command dengan mengatakan “Ok Google”.

Tanyakan hal-hal seperti ini: “Ok Google, restoran dekat saya.” Atau “Ok Google, apakah besok hujan?.” Sebelumnya, di dalam Google App, masuk ke Pengaturan (yang ada di sebelah kiri atas layar) > Suara > Bahasa > Bahasa Indonesia untuk mengaktifkan pencarian menggunakan suara. Atau, Anda selalu bisa bertanya dalam bahasa Inggris.

-Google Maps untuk Mudik 2015 Melalui Google Maps, pengguna bisa mendapat informasi kemacetan di 19 kota di Indonesia secara real time. Kotakota tersebut meliputi Surabaya, Medan, Semarang, Palembang, Makassar, Batam, Pekanbaru, Bogor, Bandar Lampung, Padang, Denpasar, Malang, Samarinda, Tasikmalaya, Yogyakarta, Surakarta, Banda Aceh, Pekanbaru, dan Jambi. Google Maps juga akan memberi data kemacetan, kecelakaan, perbaikan jalan, dan penutupan jalan yang akurat, ditambah lokasi rest area, masjid/mushola, dan pilihan restoran di sekitar Anda jika Anda harus berbuka puasa di perjalanan.

Dengan pembaruan informasi kemacetan, Anda akan langsung melihat kondisi lalu lintas pada rute yang Anda masukkan ke Google Maps. Kode warna hijau artinya kondisi lalu lintas lancar, kuning berarti merayap, dan merah atau hitam berarti padat. Manfaatkan juga fasilitas ”My Maps” untuk menyimpan peta di ponsel dan merencanakan perjalanan jauh hari.

-Tidak Tertinggal Pesawat Setelah mengunduh aplikasi Google App di ponsel, aktifkan juga fitur kartu Now. Ketika menerima email konfirmasi tiket pesawat atau hotel di akun Gmail, Google App akan menampilkan kartu Now yang berisi informasi dan reminder akan jadwal pesawat langsung di ponsel, lengkap dengan informasi jam keberangkatan, terminal, dan bahkan pilihan in-flight entertainment (untuk Garuda Indonesia). Google App juga bisa membantu menghitung prakiraan kemacetan dari rumah menuju bandara.

Danang arradian
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0946 seconds (0.1#10.140)